Senin, 02 Juli 2018

Pengertian Sistem Pembelajaran Online

Pengertian Sistem Pembelajaran Online-Sistem pembelajaran online adalah hasil dari suatu pembelajaran yang disampaikan secara elektronik dengan menggunakan komputer dan media berbasis komputer. Sistem tersebut disebut juga pembelajaran elektronik atau e–Learning, Quipperian. Materi-materi dalam sistem pembelajaran online bisa diakses melalui jaringan website, internet, intranet, CD-ROM, dan DVD. Sistem tersebut tidak hanya mengakses informasi saja, Quipperian, tetapi membimbing peserta untuk mencapai hasil belajar yang spesifik juga.

Berkat sistem pembelajaran online, siswa tidak hanya bisa mengakses pengetahuan dari buku pelajaran saja, tetapi mereka dapat mengakses materi pelajaran dari luar sekolah, Quipperian. Guru dan siswa pun bisa memperoleh informasi yang banyak dan tidak terbatas dari beberapa perpustakaan di seluruh dunia.

Perkembangan sistem pembelajaran online

Kursus Online, awalnya, sistem pembelajaran online diperkenalkan oleh universitas Illinois di Urbana-Champaign dengan menggunakan sistem instruksi berbasis komputer (computer-assisted instruction) dan komputer bernama PLATO. Kemudian, pada tahun 1990, muncul era CBT (Computer-Based Training) yang mengenalkan aplikasi e-learning dalam PC atau kemasan CD-ROM. Isi materi tersebut berbentuk tulisan dan multimedia (video dan audio). Lalu, seiring CBT sudah diterima oleh masyarakat pada tahun 1994, CBT muncul dalam bentuk paket-paket yang lebih menarik dan diproduksi secara massal.

Setelah itu, pada tahun 1997, muncullah LMS atau Learning Management System, Quipperian. Sebab, teknologi semakin berkembang sehingga masyarakat mulai terkoneksi dengan internet. Karena itu, masyarakat membutuhkan informasi yang bisa diperoleh secara cepat. Lalu, pada tahun 1999, LMS semakin berkembang menjadi aplikasi e-learning berbasis Web untuk para pengajar, pelajar, dan administrasinya. LMS pun mulai digabungkan dengan situs-situs informasi Belajar Online, majalah, dan surat kabar. Selain itu, isi LMS menjadi semakin beragam dengan perpaduan multimedia, video streaming, dan penampilan interaktif dalam berbagai pilihan format data yang lebih standar dan berukuran kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar